WALHI adalah forum organisasi Non Pemerintah, Organisasi Masyarakat dan kelompok pecinta Alam terbesar di Indonesia.WALHI bekerja membangun gerakan menuju tranformasi sosial, kedaulatan rakyat dan keberlanjutan Lingkungan Hidup.

Kunjungi Alamat Baru Kami

HEADLINES

  • Pengadilan Tinggi Nyatakan PT. BMH bersalah dan Di Hukum Ganti Rugi
  • Walhi Deklarasikan Desa Ekologis
  •   PT. Musi Hutan Persada/Marubeni Group Dilaporkan ke Komisi Nasional HAM
  • PT.BMH Penjahat Iklim, KLHK Lakukan Kasasi Segera
  • Di Gusur, 909 orang petani dan keluarganya terpaksa mengungsi di masjid, musholla dan tenda-tenda darurat

Kamis, Oktober 08, 2009

WALHI TERJUNKAN RELAWAN BANTU KORBAN GEMPA SUMBAR

Palembang, 2/10 Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) menerjunkan sedikitnya 50 personel relawan, untuk membantu korban gempa di Sumatra Barat (Sumbar).

Manager Regional Sumatra Eksekutif Nasional WALHI, Mukri Friatna dari Padang, Sumbar, Jumat pagi mengabarkan bahwa mulai hari ini pihaknya menerjunkan sebanyak 50 relawan untuk membantu evakuasi dan tindakan darurat lainnya yang diperlukan di lokasi bencana itu.

"Mereka akan disebar ke tiga kabupaten di negeri urang awak tersebut," ujar mantan Direktur Eksekutif WALHI Lampung itu pula.

Menurut Mukri, para relawan itu diharapkan dapat bahu membahu bersama aparat dan warga serta tim penanggulangan gempa untuk membantu di setiap lokasi mereka diterjunkan.

Mukri sendiri bersama rombongan dari Jakarta sudah berada di Padang, Sumbar sejak Kamis (1/10).

Dia menyebutkan, umumnya kondisi di lokasi terkena gempa itu masih dalam keadaan darurat.

"Aparat masih menunggu alat berat datang untuk melakukan evakuasi dan pertolongan kepada korban gempa yang diperlukan," ujar Mukri pula.

Disebutkan laporan dari lapangan hingga hari ini, terdapat sedikitnya dua kabupaten belum dapat terlayani bantuan darurat, yaitu Kabupaten Agam dan Pasaman Barat.

"Penggalangan berbagai bentuk bantuan sangat diharapkan, untuk membantu saudara-saudara kita di Sumbar ini," kata Mukri lagi.

Ia menyatakan, seluruh pengurus WALHI di Sumatra, diminta mengambil langkah untuk membantu korban gempa itu, termasuk menggalang dukungan dana dan bantuan yang diperlukan untuk dapat segera disalurkan.

Pihaknya juga minta kesiapan personel siaga bencana WALHI untuk diterjunkan membantu masyarakat di daerah yang terkena gempa.

Di Palembang, WALHI Sumsel bersama berbagai elemen masyarakat lainnya juga telah membuka posko solidaritas dan menggalang bantuan untuk korban gempa itu.






Artikel Terkait:

0 komentar: