WALHI adalah forum organisasi Non Pemerintah, Organisasi Masyarakat dan kelompok pecinta Alam terbesar di Indonesia.WALHI bekerja membangun gerakan menuju tranformasi sosial, kedaulatan rakyat dan keberlanjutan Lingkungan Hidup.

Kunjungi Alamat Baru Kami

HEADLINES

  • Pengadilan Tinggi Nyatakan PT. BMH bersalah dan Di Hukum Ganti Rugi
  • Walhi Deklarasikan Desa Ekologis
  •   PT. Musi Hutan Persada/Marubeni Group Dilaporkan ke Komisi Nasional HAM
  • PT.BMH Penjahat Iklim, KLHK Lakukan Kasasi Segera
  • Di Gusur, 909 orang petani dan keluarganya terpaksa mengungsi di masjid, musholla dan tenda-tenda darurat

Jumat, Februari 05, 2010

Halte BRT Dinilai Pemborosan

Program bus rapid transit (BRT) Transmusi baru akan diluncurkan tanggal 10 Februari 2010. Hanya, sejauh ini sejumlah sarana dan prasarana yang ada seperti halte dan bus dinilai belum dibangun dengan maksimal.
Demikian diungkap PUM Netherlands Senior Expert, Kees Bergman kepada wartawan, kemarin. Menurut dia, berdasarkan hasil pengamatan selama di Palembang, ada beberapa kendala dan kekurangan untuk halte. “Jarak halte dengan bus agak jauh,” ujarnya di kantor pemkot.
Kondisi tersebut, kata dia, akan membuat para penumpang sedikit kesulitan dan merasa tidak nyaman saat hendak naik ke bus. Di samping, halte yang dibangun terlalu rumit dan dibangun dengan dana yang tidak sedikit.
Menurut Kees, lantaran menggunakan banyak material seperti besi dan kaca, biaya yang dikeluarkan semakin besar. “Kesannya pemborosan,” ujarnya. Lain lagi jika halte dibangun secara lebih sederhana seperti menggunakan konsep COX.
“COX juga diterapkan di negara maju seperti Tokyo dan Singapura,” katanya lagi. Lantas, seperti apa halte COX itu? Menurut Kees, COX merupakan halte konsep terbuka. Tidak memiliki dinding kaca seperti halte BRT.
Yang ada, hanya atap pelindung calon penumpang dari hujan dan panas. “Namanya halte, tentu dilengkapi dengan tempat duduk,” cetusnya. Nah, lantaran memiliki konsep terbuka, bahan yang digunakan untuk membangun halte tersebut sedikit sehingga biaya pembangunannya lebih murah.
Tak hanya itu. Dengan halte COX tadi, pemerintah dapat mencari pihak sponsor atau swasta yang ingin membangun halte. “Konpensasinya, si sponsor diperbolehkan memasang iklan atau reklame di halte yang mereka bangun tadi.”
Lantas, bila ada kerusakan di halte tersebut maka itu menjadi tanggung jawab pihak sponsor. “Jadi perawatannya diserahkan ke sponsor sehingga pemerintah dapat menghemat biaya,” tukasnya.
Masih kata Kees, pihak sponsor juga tidak akan keberatan. Sebab, prinsif kerjanya kedua belah pihak saling diuntungkan. Namun, terangnya, karena sudah dibangun maka tidak banyak hal yang bisa dilakukan.
“Harapannya, ya agar difungsikan maksimal. Ke depan, kalau haltenya hendak ditambah maka bagusnya menggunakan sistem COX tadi. Lebih murah, nyaman dan fleksibel,” tukasnya.
Sementara itu, Kabid Wasdalops Pathi Riduan didampingi Kabid LLAJ dan Rel KA Agus Supriyanto menegaskan, peluncuran BRT bakal dilangsungkan sesuai jadwal yakni 10 Februari mendatang. Maka itu, pihaknya mulai melakukan berbagai persiapan mulai pengecekan fisik bus hingga pelatihan supir. “Kita juga akan gelar simulasi selama kurang lebih satu minggu,” tukasnya.
(mg13)






Artikel Terkait:

0 komentar: