WALHI adalah forum organisasi Non Pemerintah, Organisasi Masyarakat dan kelompok pecinta Alam terbesar di Indonesia.WALHI bekerja membangun gerakan menuju tranformasi sosial, kedaulatan rakyat dan keberlanjutan Lingkungan Hidup.

Kunjungi Alamat Baru Kami

HEADLINES

  • Pengadilan Tinggi Nyatakan PT. BMH bersalah dan Di Hukum Ganti Rugi
  • Walhi Deklarasikan Desa Ekologis
  •   PT. Musi Hutan Persada/Marubeni Group Dilaporkan ke Komisi Nasional HAM
  • PT.BMH Penjahat Iklim, KLHK Lakukan Kasasi Segera
  • Di Gusur, 909 orang petani dan keluarganya terpaksa mengungsi di masjid, musholla dan tenda-tenda darurat

Minggu, April 29, 2012

Kasus Galian C Talang Jambe - Kodam Selidiki Keterlibatan Oknum TNI

PALEMBANG– Komando Daerah Militer (Kodam) II Sriwijaya segera melakukan penyelidikan terhadap beberapa anggotanya yang disinyalir terlibat dalam kasus galian C ilegal di Talang Jambe, Palembang.

“Kita akan memberikan tindakan tegas terhadap anggota TNI yang terlibat atau melakukan praktik ilegal, termasuk dalam kasus galian C di Talang Jambe,”ujar Kepala Penerangan Kodam II/SWJ Letkol Arm Jauhari Agus Suraji saat dibincangi di ruang kerjanya kemarin. Agus mengakui, ada keterlibatan oknum anggota TNI yang melindungi aktivitas galian C ilegal tersebut hingga membuat resah warga sekitar.

Bahkan, oknum anggota TNI tersebut saat ini tengah menjalani pemeriksaan penyidik Pomdam. “Jika terbukti bersalah, kita akan berikan tindakan tegas sesuai peraturan berlaku. Kita akan terus tindak lanjuti permasalahan ini sampai tuntas,”ujarnya. Ditanya mengenai identitas oknum anggota TNI yang terlibat ini, Agus belum dapat membeberkannya karena masih dalam penyelidikan.

“Terpenting,Pomdam saat ini lebih rutin untuk memberantas seluruh kegiatan ilegal yang dilakukan oknum anggota TNI.Panglima (Pangdam II/SWJ) juga berkomitmen penuh untuk menertibkan pelanggaran- pelanggaran yang ada di tubuh TNI, apalagi saat ini citra TNI sedang bagus-bagusnya,” tuturnya.

Untuk menindak tegas anggota TNI yang melakukan pelanggaran, Agus mengharapkan adanya peranan masyarakat dan media yang aktif memberikan laporan atau informasi kepada pihaknya. “Kita sangat senang jika ada masyarakat yang melaporkan, ada anggota TNI yang terlibat di luar aturan.Dengan begitu,kita dapat memberikan tindakan tegas,”katanya. Sebelumnya Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Sumsel menuntut pihak kepolisian untuk serius menyelesaikan kasus galian C illegal yang ada di Sumsel, khususnya Palembang.

Bahkan, Direktur Eksekutif Walhi Sumsel Anwar Sadat tegas-tegas mengatakan, aktivitas galian C di Talang Jambe, merupakan kegiatan ilegal dan dilakukan seseorang bernama Haris.

Sumber : Seputar Indonesia



Artikel Terkait:

0 komentar: