WALHI adalah forum organisasi Non Pemerintah, Organisasi Masyarakat dan kelompok pecinta Alam terbesar di Indonesia.WALHI bekerja membangun gerakan menuju tranformasi sosial, kedaulatan rakyat dan keberlanjutan Lingkungan Hidup.

Kunjungi Alamat Baru Kami

HEADLINES

  • Pengadilan Tinggi Nyatakan PT. BMH bersalah dan Di Hukum Ganti Rugi
  • Walhi Deklarasikan Desa Ekologis
  •   PT. Musi Hutan Persada/Marubeni Group Dilaporkan ke Komisi Nasional HAM
  • PT.BMH Penjahat Iklim, KLHK Lakukan Kasasi Segera
  • Di Gusur, 909 orang petani dan keluarganya terpaksa mengungsi di masjid, musholla dan tenda-tenda darurat

Rabu, Desember 19, 2012

Anggaran Tanam Pohon Rp 2 Triliun Setahun

PALEMBANG,— Anggaran menanam pohon di Kementerian Kehutanan mencapai Rp 2 triliun pada 2012 ini. Kementerian Kehutanan menargetkan penanaman mencapai lebih dari 1 miliar pohon tahun ini.
Hal ini dikatakan Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan saat penanaman pohon di taman wisata Punti Kayu, Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (4/12/2012). "Tahun 2012 anggaran Rp 2 triliun. Tahun 2011 dan 2010 kurang lebih sama," katanya.

Zulkifli mengklaim penanaman pohon selama tiga tahun terakhir oleh instansi pemerintah saja telah menghasilkan sekitar 3 miliar pohon hidup. Penanaman dilakukan sebagai langkah penghijauan.

Lebih lanjut, Zulkifli mengatakan, moratorium (penghentian pemberian izin) menebang di hutan alam yang akan berakhir pada 2013 mendatang rencananya akan diperpanjang. Batas pemberlakuan belum dipastikan.
Di tengah masifnya program penghijauan oleh Kementerian Kehutanan, kerusakan hutan masih terus dilaporkan terjadi. Wahana Lingkungan Hidup Indonesia Sumsel menyebutkan saat ini hutan di Sumsel yang masih dalam kondisi baik tinggal berkisar 21 persen atau sekitar 800.000 hektar (ha) dari 3,7 juta ha total luasan hutan di Sumsel. "Sekitar 1,4 juta ha lainnya dikuasai perusahaan dalam bentuk hutan tanaman industri," kata aktivis Walhi Sumsel, Hadi Jatmiko.

Walhi Sumsel juga mengkritik kebijakan Kementerian Kehutanan yang memperbolehkan kabupaten dan kota mengajukan usulan pelepasan kawasan hutan. Hal ini dikhawatirkan akan kian menggerogoti hutan Indonesia.

Sumber: http://regional.kompas.com/read/2012/12/04/18385830/Anggaran.Tanam.Pohon.Rp.2.Triliun.Setahun



Artikel Terkait:

0 komentar: