WALHI adalah forum organisasi Non Pemerintah, Organisasi Masyarakat dan kelompok pecinta Alam terbesar di Indonesia.WALHI bekerja membangun gerakan menuju tranformasi sosial, kedaulatan rakyat dan keberlanjutan Lingkungan Hidup.

Kunjungi Alamat Baru Kami

HEADLINES

  • Pengadilan Tinggi Nyatakan PT. BMH bersalah dan Di Hukum Ganti Rugi
  • Walhi Deklarasikan Desa Ekologis
  •   PT. Musi Hutan Persada/Marubeni Group Dilaporkan ke Komisi Nasional HAM
  • PT.BMH Penjahat Iklim, KLHK Lakukan Kasasi Segera
  • Di Gusur, 909 orang petani dan keluarganya terpaksa mengungsi di masjid, musholla dan tenda-tenda darurat

Kamis, Maret 06, 2014

Rapat Akbar Gerakan Lingkungan Hidup Indonesia

 Saatnya Rakyat Memilih Pemerintahan yang Bersih dari Pelaku Perusak LH
Lapangan Tennis Indoor Senayan – GBK, 11 Maret 2014


Pada tahun 2014, Indonesia akan melangsungkan Pemilihan Umum (PEMILU). Ini merupakan kali ketiga dilaksanakannya pemilihan langsung Presiden dan Wakil Presiden serta anggota-anggota parlemen baik di level nasional, propinsi dan kabupaten/kota. Sejak reformasi tahun 1998, proses transisi demokrasi Indonesia terasa kian “terseok-seok” untuk mencapai sejatinya demokrasi. Fakta menunjukkan bahwa sejak reformasi hingga saat ini belum terjadi perubahan terutama terkait dengan peningkatan kesejahteraan dan keadilan, keadilan sosial dan keadilan ekologis.
Kebijakan lingkungan yang diproduksi oleh Pemerintah dan DPR/DPRD –yang didominasi oleh pengusaha yang terlibat dalam ekstraksi sumber daya alam– saat ini masih kental dengan corak eksploitatif, liberal, berorientasi pasar, mendorong penghancuran lingkungan hidup serta melanggar Hak Asasi Manusia.
Pemilu 2014 ini menjadi penting bagi gerakan lingkungan hidup Indonesia terutama bagi WALHI dan bagi masyarakat dengan berlandaskan pada sebuah kesadaran bahwa hak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat adalah hak asasi manusia, hak seluruh warga negara. Karenanya menjadi kepentingan bagi semua kalangan untuk menyuarakan isu lingkungan hidup sebagai isu penting bagi keberlanjutan hidup hari ini dan generasi yang akan datang. WALHI juga akan meluncurkan Platform Keadilan Ekologis yang dapat menjadi referensi bagi kelompok-kelompok peduli lingkungan hidup maupun masyarakat umum dalam menentukan pilihan terhadap calon-calon wakil rakyat yang akan diberikan mandat untuk memegang amanat menjalankan penyelenggaraan negara dalam lima tahun ke depan.
Rapat Akbar Gerakan Lingkungan Hidup Indonesia adalah satu kegiatan yang akan menyatukan kelompok-kelompok masyarakat, komunitas, pemerhati dan pelaku konservasi dan penyelamatan lingkungan hidup dan sumber-sumber kehidupan, dan menyatukan suara untuk mendorong pengarusutamaan keadilan ekologis.
Kegiatan ini tidak hanya akan diikuti oleh anggota-anggota WALHI, namun juga komunitas-komunitas serta kelompok-kelompok yang selama ini aktif dan berkecimpung dalam upaya penyelamatan lingkungan, mulai dari komunitas masyarakat di sekitar hutan, petani, nelayan, masyarakat adat hingga kelompok-kelompok dan individu-individu yang selama ini aktif dan turut serta dalam mendorong upaya-upaya penyelamat lingkungan yang tinggal di kota-kota besar.
Rapat akbar ini juga akan menjadi ajang bertemunya para pendukung kampanye lingkungan WALHI secara online dengan kelompok-kelompok masyarakat atau komunitas yang selama ini telah didukungnya. Selain itu, Rapat Akbar juga akan mempertemukan berbagai kelompok yang berbeda latar belakang–baik aktivis, seniman, budayawan, akademisi, pemusik, pemuda, mahasiswa, serta individu-individu lain, namun memiliki satu kepedulain, yaitu penyelamatan lingkungan hidup dan sumber-sumber penghidupan.
Dalam Rapat Akbar ini, WALHI juga akan meluncurkan Platform Keadilan Ekologis yang dapat menjadi referensi bagi kelompok-kelompok peduli lingkungan hidup maupun masyarakat umum dalam menentukan pilihan terhadap calon-calon wakil rakyat yang akan diberikan mandat untuk memegang amanat menjalankan penyelenggaraan negara dalam lima tahun ke depan.
Format Kegiatan
Format kegiatan Rapat Akbar akan difokuskan pada kegiatan-kegiatan Orasi Budaya dan Keadilan Ekologis, Pangung Seni dan Budaya, Pemutaran Film, serta Presentasi Inisiatif Rakyat dalam Penyelamatan Lingkungan Hidup.
Acara utama akan diselenggarakan di sebuah panggung yang berada di dalam Gedung Lapangan Tennis Indoor Senayan, Jakarta.
Peserta Kegiatan
Peserta kegiatan diperkirakan mencapai 3.000-4.000 orang, yang terdiri dari pegiat dan aktivis lingkungan, simpatisan, kelompok-kelompok warga masyarakat, serta individu-individu supporter online kampanye lingkungan. Peserta berasal dari seluruh nusantara.
Waktu Penyelenggaraan Kegiatan
Kegiatan akan diselenggarakan pada hari Selasa, 11 Maret 2014 mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB.
Penyelenggara Kegiatan
Kegiatan ini dilaksanakan oleh Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI)



Artikel Terkait:

0 komentar: