WALHI adalah forum organisasi Non Pemerintah, Organisasi Masyarakat dan kelompok pecinta Alam terbesar di Indonesia.WALHI bekerja membangun gerakan menuju tranformasi sosial, kedaulatan rakyat dan keberlanjutan Lingkungan Hidup.

Kunjungi Alamat Baru Kami

HEADLINES

  • Pengadilan Tinggi Nyatakan PT. BMH bersalah dan Di Hukum Ganti Rugi
  • Walhi Deklarasikan Desa Ekologis
  •   PT. Musi Hutan Persada/Marubeni Group Dilaporkan ke Komisi Nasional HAM
  • PT.BMH Penjahat Iklim, KLHK Lakukan Kasasi Segera
  • Di Gusur, 909 orang petani dan keluarganya terpaksa mengungsi di masjid, musholla dan tenda-tenda darurat

Rabu, Juli 22, 2009

Walhi Sumsel Minta Pemda Lindungi Ikan Belida

Wahana Lingkungan Hidup, Walhi Sumatera Selatan meminta pemerintah dan warga melakukan upaya penyelamatan ikan belida. Upaya ini sangat mendesak dilakukan karena ikan belida mendekati kepunahan. Ikan belida merupakan ikon Kota Palembang yang biasa hidup di pinggiran Sungai Musi.

Alih fungsi hutan di hulu Sungai Musi menjadi perkebunan dan hutan tanaman industri, ditambah pencemaran air yang dilakukan pabrik-pabrik yang berdiri di sepanjang aliran Sungai Musi, menyebabkan keberlangsungan ikan belida terancam.

Juru bicara Walhi Sumatera Selatan, Hadi Jatmiko mendesak pemerintah melakukan upaya nyata untuk menyelamatkan ikan belida dan kepunahan. Walhi juga meminta agar pemerintah menetapkan ikan belida sebagai hewan yang terancam punah dan dilindungi

”Kami meminta pemerintah menghentikan atau mencegah datangnya zat-zat pencemar ke sungai Musi, jika tidak dilakukan maka ikan yang menjadi ikon kota Palembang bisa hilang,” kata Hadi Jatmiko.

Ikan yang menjadi bahan baku pembuatan empek-empek ini sudah sulit didapatkan di Sumatera Selatan. Untuk memenuhi kebutuhan warga Palembang, ikan belida justru harus didatangkan dari luar Sumatera Selatan. Ikan ini belum bisa dibudidayakan dan hanya bisa hidup di sungai dengan kualitas air yang bagus. Namun, sungai Musi semakin tercemar mengakibatkan populasi ikan belida terancam punah.

Sumber :http://www.greenradio.fm/index.php?option=com_content&view=article&id=630:walhi-sumsel-minta-pemda-lindungi-ikan-belida-&catid=1:latest-news&Itemid=338






Artikel Terkait:

0 komentar: