WALHI adalah forum organisasi Non Pemerintah, Organisasi Masyarakat dan kelompok pecinta Alam terbesar di Indonesia.WALHI bekerja membangun gerakan menuju tranformasi sosial, kedaulatan rakyat dan keberlanjutan Lingkungan Hidup.

Kunjungi Alamat Baru Kami

HEADLINES

  • Pengadilan Tinggi Nyatakan PT. BMH bersalah dan Di Hukum Ganti Rugi
  • Walhi Deklarasikan Desa Ekologis
  •   PT. Musi Hutan Persada/Marubeni Group Dilaporkan ke Komisi Nasional HAM
  • PT.BMH Penjahat Iklim, KLHK Lakukan Kasasi Segera
  • Di Gusur, 909 orang petani dan keluarganya terpaksa mengungsi di masjid, musholla dan tenda-tenda darurat

Rabu, Juli 20, 2011

GOR Sea Games Palembang Siap Digunakan

Metrotvnews.com, Palembang: Gedung Olahraga Sriwijaya di Palembang, Sumatera Selatan, telah selesai direnovasi dan siap digunakan untuk SEA Games XXVI pada November 2011, kata General Manager PT Griya Inti Sejahtera Insani Eddison.

"Renovasi GOR Sriwijaya sudah rampung seratus persen, dan tinggal tahapan pembersihan area sekitar gedung, seperti pembuangan sisa-sisa bangunan dan debu. Yang jelas, gedung ini siap digunakan untuk SEA Games nanti," ujar Eddison di Palembang, Ahad (17/7).

Dia menegaskan bahwa GOR itu juga bisa dipakai untuk Kejuaraan Bola Voli Asia, 23-27 Juli nanti.

"Pengerjaan gedung ini berjalan sesuai jadwal, yakni tiga bulan sebelum SEA Games sudah selesai. Sebagai pelaksana, kami juga ditargetkan menyelesaikan pembangunan gedung ini segera agar bisa digunakan untuk ajang uji coba yakni Kejuaraan Voli Asia itu," kata dia lagi.

Ia menjelaskan, setelah renovasi, GOR itu dilengkapi fasilitas berstandar internasional, mengingat sejak awal diproyeksikan sebagai tempat menggelar berbagai event berskala nasional dan internasional.

"Bahan-bahan bangunan dan fasilitas di dalam gedung semuanya berstandar internasional, termasuk tampilan gedung yang relatif mewah memang disengaja agar layak menggelar ajang-ajang kejuaraan tingkat internasional," ujar dia pula.

Insani menambahkan, bangunan GOR Sriwijaya itu berdiri di atas lahan 3 hektare sehingga memungkinkan ditambah fasilitas lain, seperti kafe, hotel, dan taman.

"Di bagian luar gedung akan dibuat juga dua lapangan bola voli yang diperuntukkan sebagai lapangan pemanasan. Meskipun hanya lapangan pemanasan, tapi tetap akan dibuat berstandar internasional, yakni dengan panjang 22 meter dan lebar 15 meter," kata dia.

Kemudian, fasilitas bagian dalam gedung juga dilengkapi ruangan VVIP, tribun VVIP, dan tribun VIP.

"Tribun VIP terdiri atas 200 tempat duduk, sedangkan tribun penonton mencapai 4.500 kursi. Di bagian sudut dilengkapi pendingin ruangan, audio visual, lampu penerangan standar stadion luar negeri, dan ruang ganti atlet serta ruang rapat," ujar dia.

GOR Sriwijaya semula bernama Gedung Olahraga Kampus Palembang dan biasa digunakan untuk menggelar pertandingan bola basket.

Namun, setelah direnovasi, gedung ini tidak hanya sebagai tempat menggelar event olahraga tapi juga bisa menggelar konser musik.

Renovasi GOR itu sempat menimbulkan reaksi pro-kontra, terutama penentangan dari para aktivis lingkungan yang menyoal alih fungsi dari sebelumnya sebagai area publik menjadi kawasan privat, sehingga tidak lagi bisa secara bebas diakses masyarakat setempat.

Kawasan di sekitar GOR Palembang ini setiap malam menjadi tempat puluhan pedagang lesehan yang menjual makanan dan minuman dan selalu ramai pembeli, terutama pada hari libur.

Pada siang hari, kawasan itu menjadi tempat berlatih/belajar mengemudi mobil warga di Palembang.

Di sekitar GOR juga terdapat pepohonan rindang dan kolam retensi.

Aktivis lingkungan, terutama dari Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Sumsel menolak alih fungsi GOR Kampus itu karena mencemaskan keberadaaan pepohonan dan fungsi sosial kawasan sekitarnya akan berubah setelah direnovasi.(RIZ)



Artikel Terkait:

0 komentar: