WALHI adalah forum organisasi Non Pemerintah, Organisasi Masyarakat dan kelompok pecinta Alam terbesar di Indonesia.WALHI bekerja membangun gerakan menuju tranformasi sosial, kedaulatan rakyat dan keberlanjutan Lingkungan Hidup.

Kunjungi Alamat Baru Kami

HEADLINES

  • Pengadilan Tinggi Nyatakan PT. BMH bersalah dan Di Hukum Ganti Rugi
  • Walhi Deklarasikan Desa Ekologis
  •   PT. Musi Hutan Persada/Marubeni Group Dilaporkan ke Komisi Nasional HAM
  • PT.BMH Penjahat Iklim, KLHK Lakukan Kasasi Segera
  • Di Gusur, 909 orang petani dan keluarganya terpaksa mengungsi di masjid, musholla dan tenda-tenda darurat

Selasa, Oktober 06, 2009

Posko Solidaritas Mayarakat Peduli Bencana Untuk Sumbar dan Jambi

Informasi Umum Kegiatan

  1. Solidaritas Masyarakat Peduli Bencana, yang terdiri dari beberapa organisasi (NGO, BEM, MAPALA, dan SISPALA) membentuk posko penggalangan bantuan berupa, pakaian layak pakai, tenda, selimut, bahan makanan, dan uang.
  2. Bantuan para donatur dapat disampaikan secara langsung melalui Posko, yang dipusatkan di Kantor WALHI Sumatera Selatan,Alamat : Jalan A. Riva’i No. 690 A Palembang, Telp. 0711 – 317526 Guna mensinergikan aktifitas yang akan dilakukan, Solidaritas Masyarakat Peduli Bencana membagi peran terhadap individu dan elemen yang tergabung ke dalam divisi/team kerja.
  • Divisi/team kerja yang dimaksud dibagi dalam 3 (tiga) bagian, yaitu : a. Team Penggalangan Dana : Team ini bekerja untuk menggalang/mengkonsolidasikan dana publik, melalui: - Penggalangan dana di jalan dan pusat-pusat keramaian. - Penggalangan dana dari lembaga dan personal - Penggalangan dana melalui event publik - Penerimaan bantuan melalui posko bersama b. Team Jaringan - Team jaringan bertugas membangun koordinasi dan komunikasi dengan berbagai fihak yang juga melalukan penggalangan solidaritas untuk para korban tertimpa bencana. - Koordinasi dan komunikasi dianggap perlu guna mensinergikan aktifitas yang dilakukan oleh aliansi yang tergabung di dalam SMPB (Solidaritas Masyarakat Peduli Bencana) dengan elemen lainnya, termasuk memastikan mekanisme dan teknis serta jalur pendistribusian bantuan. c. Team Data - Team ini menyusun informasi dalam bentuk data base terkait dengan kondisi-kondisi yang terjadi di lapangan, seperti : jumlah korban jiwa, jumlah korban tertimpa bencana, pusat-pusat pengungsian, serta kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan di wilayah-wilayah bencana. Dalam konteks tersebut, team bekerja untuk terus meng up-date (memberikan perkembangan informasi) yang terjadi di wilayah bencana. - Selain itu team bekerja untuk memberikan informasi mengenai berbagai bentuk sumbangan yang diterima, sebagai bentuk akuntabilitas (kepercayaan dan pertanggungjawaban)
Solidaritas Masyarakat Peduli Bencana (SMPB) memastikan kepada para penyumbang/donatur sekalian bahwa sumbangan yang diterima akan didistribusikan sepenuhnya kepada para korban. Secara teknis dan prosedur dapat disampaikan bahwa :
  • Berbagai bentuk sumbangan yang diterima terus diinformasikan/diumumkan di posko
  • Biaya operasional dalam berbagai kegiatan untuk para korban bencana, tidak diambil dari dana sumbangan yang diterima, melainkan dana sumbangan lembaga, khususnya yang tergabung di dalam Solidaritas Masyarakat Peduli Bencana.
  • Diakhir kegiatannya, kami akan mengumumkan kepada publik mengenai jumlah dan berbagai bantuan yang diterima, serta kemana bantuan disitribusikan.







Artikel Terkait:

0 komentar: