WALHI adalah forum organisasi Non Pemerintah, Organisasi Masyarakat dan kelompok pecinta Alam terbesar di Indonesia.WALHI bekerja membangun gerakan menuju tranformasi sosial, kedaulatan rakyat dan keberlanjutan Lingkungan Hidup.

Kunjungi Alamat Baru Kami

HEADLINES

  • Pengadilan Tinggi Nyatakan PT. BMH bersalah dan Di Hukum Ganti Rugi
  • Walhi Deklarasikan Desa Ekologis
  •   PT. Musi Hutan Persada/Marubeni Group Dilaporkan ke Komisi Nasional HAM
  • PT.BMH Penjahat Iklim, KLHK Lakukan Kasasi Segera
  • Di Gusur, 909 orang petani dan keluarganya terpaksa mengungsi di masjid, musholla dan tenda-tenda darurat

Rabu, September 29, 2010

23 Pengacara Kawal Walhi Sumsel

PALEMBANG - Insiden pemukulan Direktur Walhi Sumsel, Anwar Saddat, mengundang simpati sejumlah pengacara senior dan pengacara muda di Jakarta dan Palembang. Sebanyak 23 advokat akan bergabung dalam Tim Advokasi Walhi Sumsel untuk membela kepentingan hukum korban dan organisasi.

Sebagian besar pengacara senior tersebut merupakan alumni Fakultas Hukum Unsri dan perguruan tinggi di Palembang. Di antara nama-nama tersebut pengacara itu adalah Nazori Doak Achmad, Chairil Syah, Munarman, Syamsul Bahri Radjam, merupakan pionir dan aktivis lingkungan di kota Palembang pada tahun 80-90an. Mereka juga termasuk aktivis Walhi dan LBH Palembang generasi awal.
Sri Lestari, advokat di Palembang adalah mantan Direktur Walhi Sumsel mengatakan nama-nama tersebut menyatakan kesediannya bergabung dalam tim advokasi.

"Kita masih menyusun agenda dan melakukan konsolidasi, langkah apa yang paling pas menyikapi insiden pemukulan itu," kata Lis, panggilan Sri Lestari. Mantan manajer advokasi Walhi Sumsel, Achmad Fadli SH mengungkapkan jumlah tim ini kemungkinan akan bertambah. "Ada beberapa nama yang menyatakan siap bergabung. Kita nunggu beberapa hari ini," katanya.

Hari Senin (27/9) lalu, Walhi Sumsel mendampingi warga petani dari lima kabupaten di Sumsel untuk aksi memperingati Hari Agraria. Awalnya mereka berkumpul di halaman GOR Jl POM©IX Kampus. Aksi ini tiba-tiba ricuh dan Anwar Saddat menjadi korban pemukulan yang
dilakukan oleh sekelompok orang yang mengawal Gubernur Alex Noerdin. Insiden ini telah mengundang protes dari berbagai kelompok masyarakat. Termasuk sekitar 23 organisasi yang tergabung dalam
forum Walhi Sumsel. Termasuk organisasi mahasiswa yang berorientasi lingkungan.

Sutrisman Dinah Sripo


Aktivis Kecam Insiden Walhi Sumsel

Sriwijaya Post - Selasa, 28 September 2010 12:49 WIB

PALEMBANG -- Syamsul Bahri Radjam, aktivis dan advokat di Jakarta, mengecam insiden pemukulan terhadap Direktur Walhi (Wahana Lingkungan Hidup Indonesia) Sumsel Anwar Saddat. Aksi kekerasan ditujukan ke demonstran, merupakan wujud sikap anti-dialog dan anti demokrasi.

"Insiden ini akan menimbulkan ketakutan bagi masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya. Tindakan yang menimbulkan ketakutan itu, merupakan salah satu bentuk teror," kata Syamsul, mantan Direktur Advokasi YLBHI.

Apalagi tindakan itu dilakukan di hadapan pejabat, seperti Gubernur Sumsel. "Kita bukan ingin mengatakan teroris, tetap pelakunya telah meneror masyarakat supaya takut menyampaikan aspirasinya," katanya.
Syamsul mengawali aktivitasnya di kantor LBH Palembang ini, mengingatkan bahwa pola seperti baru pertama kali dilakukan.

Selama ini, massa dihadapkan dengan aparat di lapangan yang ditugasi untuk mengendalikan.
Insiden pemukulan ini terjadi Senin (27/9) siang di halaman GOR di Jl POM-IX. Ketika gubernur hadir di tengah warga lima kabupaten untuk memperingati Hari Agraria, terjadi keributan sejumlah petugas yang mengawal Gubernur Alex Noerdin. Kasus ini sudah dilaporkan Anwar Saddat ke Polda Sumsel, Senin sore. Saddat didampingi oleh pengacara Sri Lestari Kadariah.

Sutrisman Dinah







Artikel Terkait:

0 komentar: