WALHI adalah forum organisasi Non Pemerintah, Organisasi Masyarakat dan kelompok pecinta Alam terbesar di Indonesia.WALHI bekerja membangun gerakan menuju tranformasi sosial, kedaulatan rakyat dan keberlanjutan Lingkungan Hidup.

Kunjungi Alamat Baru Kami

HEADLINES

  • Pengadilan Tinggi Nyatakan PT. BMH bersalah dan Di Hukum Ganti Rugi
  • Walhi Deklarasikan Desa Ekologis
  •   PT. Musi Hutan Persada/Marubeni Group Dilaporkan ke Komisi Nasional HAM
  • PT.BMH Penjahat Iklim, KLHK Lakukan Kasasi Segera
  • Di Gusur, 909 orang petani dan keluarganya terpaksa mengungsi di masjid, musholla dan tenda-tenda darurat

Jumat, September 24, 2010

Pemkot Segera Terbitkan IMB PSCC

PALEMBANG – Wali Kota Palembang Eddy Santana Putra mengatakan segera mengeluarkan izin mendirikan bangunan (IMB) renovasi Gedung Olahraga (GOR) Palembang menjadi Palembang Sport and Convention Centre (PSCC),Hotel and Town Square.

Menurut Eddy kemungkinan besar dalam satu atau dua hari ke depan, IMB yang diusulkan Pemprov Sumsel sudah bisa dikeluarkan. ”Insya Allah,dalam satu dua hari ini IMBnya sudah bisa diterbitkan,” kata Eddy Eddy seusai menggelar pertemuan dengan pengelola KIFP di Kambang Iwak kemarin. Eddy menegaskan, konsep pengembangan GOR telah melewati tahapan kajian dari amdal dan Badan Lingkungan Hidup (BLH).

Dia menjamin pembangunan tersebut tidak akan mengubah fungsi asli kawasan GOR sebagai ruang terbuka hijau (RTH) yang dipersoalkan. “Pohon yang ada justru akan diperbanyak. Selain itu, kolam juga akan diperdalam.Juga dipersiapkan jogging track dan pastinya ruang publik tidak akan terganggu,” tegasnya.

Eddy mengimbau pihak yang membangun GOR untuk tetap melaksanakan perjanjian sesuai prosedur yang berlaku.”Termasuk tidak menghilangkan penghijauan di kawasan GOR tersebut. Meskipun kawasan itu akan kita ubah menjadi lebih modern,tetap memiliki penghijauan,”ujarnya.

Mengenai protes Walhi, Eddy mengatakan sangat menghargai dan merespons tindakan Walhi yang dinilainya sebagai tindakan mengawal pembangunan Kota Palembang. “Kita juga sangat berterima kasih kepada Walhi dan saya siap mendukung apabila pengembangan GOR merusak RTH. Bila perlu kita ajak seluruh LSM yang bergerak di bidang lingkungan untuk membawa ini ke tingkat nasional,” tandas Eddy.

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Palembang Agus Tridasa mengemukakan, konsep awal pembangunan GOR direncanakan seperti kawasan Balai Sarbini dengan kolam retensi sebagai hiasan. Selain itu, akan dibangun jogging track. Agus optimistis, upaya pemkot Palembang untuk menjamin selama pengembangan GOR tidak akan merusak penghijauan kota akan dipenuhi.

“Kita sudah mempelajari hal tersebut. Memang biasanya setiap pembangunan tentunya mengorbankan penghijauan. Tapi kita yakin,Pemkot dan Pemprov mampu membuat kawasan itu lebih hijau,”kata politikus PKS ini. Sementara itu,kemarin sejumlah massa Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Indonesia mendatangi Kantor Pemkot Palembang.Mereka menyatakan menolak rencana pengalihfungsian kawasan GOR menjadi mal dan convention center.

Walhi meminta Pemkot tidak mengeluarkan IMB pengembangan GOR menjadi PSCC. Dalam aksinya yang digelar di halaman Pemkot Palembang kemarin, Walhi juga menggelar aksi teaterikal yang menggambarkan semakin kritisnya penghijauan di Kota Palembang.Humas Aksi Walhi Hadi Djatmiko meminta Pemkot Palembang untuk tidak mengeluarkan IMB. Jika tetap bersikeras, pembangunan di kawasan yang luasnya sekitar 5 ha tersebut dinilai bertentangan dengan UU No 26/2007 tentang Tata Ruang.

Sumber : Seputar Indonesia



Artikel Terkait:

0 komentar: