WALHI adalah forum organisasi Non Pemerintah, Organisasi Masyarakat dan kelompok pecinta Alam terbesar di Indonesia.WALHI bekerja membangun gerakan menuju tranformasi sosial, kedaulatan rakyat dan keberlanjutan Lingkungan Hidup.

Kunjungi Alamat Baru Kami

HEADLINES

  • Pengadilan Tinggi Nyatakan PT. BMH bersalah dan Di Hukum Ganti Rugi
  • Walhi Deklarasikan Desa Ekologis
  •   PT. Musi Hutan Persada/Marubeni Group Dilaporkan ke Komisi Nasional HAM
  • PT.BMH Penjahat Iklim, KLHK Lakukan Kasasi Segera
  • Di Gusur, 909 orang petani dan keluarganya terpaksa mengungsi di masjid, musholla dan tenda-tenda darurat

Minggu, Januari 31, 2010

Pengesahan RTRW Sumsel Molor

Sabtu, 30 Januari 2010 | 02:31 WIB

PALEMBANG, KOMPAS - Pengesahan rencana tata ruang wilayah Provinsi Sumatera Selatan molor hingga akhir 2010. Kurangnya koordinasi internal antardinas, aspirasi masyarakat, dan lemahnya basis data spasial ditengarai menjadi penyebab.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Badan Penataan Ruang Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumatera Selatan Regina Ariyanti mengakui hal itu pada diskusi publik ”Mewujudkan Rencana Tata Ruang Provinsi Sumatera Selatan yang Berbasiskan Keselamatan Rakyat dan Lingkungan” Jumat (29/1) di Wisma Maharani, Kota Palembang.

”Seharusnya, sesuai amanat Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang, RTRW provinsi harus disahkan selambatnya akhir 2009. Sebab, tahun 2010, RTRW provinsi akan dijadikan acuan untuk menyusun RTRW kabupaten dan kota,” kata Regina seusai diskusi.

Penyebab molornya pengesahan RTRW Sumsel terutama karena lemahnya koordinasi antardinas dan instansi pemerintah. Menurut Regina, beberapa dinas seolah tak terbuka terhadap rencana kerja mereka yang berkaitan penggunaan wilayah. Bappeda Sumsel mengonfirmasi rencana kerja dinas itu sejak Januari.

Penyebab lain adalah kurangnya sosialisasi publik mengenai RTRW sehingga banyak aspirasi masyarakat yang belum terakomodasi dalam rancangan RTRW Sumsel. Masalah itu akan diatasi dengan cara menggiatkan konsultasi publik di tingkat kabupaten kota.

Tak berpihak

Pemutakhiran data spasial berupa peta wilayah, foto udara, dan citra satelit juga menjadi masalah. Jumlah data masih minim sehingga berpengaruh terhadap kedetailan teknis penyusunan RTRW.

”Kami sudah bekerja sama dengan Lapan (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) sebagai penyedia data. Semoga tahun ini pemutakhiran data bisa terwujud,” kata Regina.

Regina berjanji akan menuntaskan RTRW akhir tahun 2010 seoptimal mungkin. Namun, menurut Raflis, anggota Transparancy International Indonesia, kemunduran pengesahan RTRW justru akan membuka peluang terhadap investasi yang tak berpihak pada kepentingan publik maupun lingkungan hidup.

Salah satu contoh adalah wacana alih fungsi lahan Gedung Olahraga Sriwijaya di Kota Palembang menjadi pusat perbelanjaan dan hotel. Padahal, dalam RTRW yang masih berlaku, kawasan itu seharusnya menjadi ruang terbuka hijau.

”Pemerintah daerah harus konsisten. Seluruh izin pembangunan harus distop sampai ada rencana yang detail,” katanya.

Dosen arsitektur Universitas Muhammadiyah Palembang, Zuber Angkasa, mengatakan, para akademisi siap membantu Pemprov Sumsel menyusun RTRW. ”Kami siap membantu sesuai keahlian masing-masing,” ujar Zuber. (YOP)






Artikel Terkait:

0 komentar: