WALHI adalah forum organisasi Non Pemerintah, Organisasi Masyarakat dan kelompok pecinta Alam terbesar di Indonesia.WALHI bekerja membangun gerakan menuju tranformasi sosial, kedaulatan rakyat dan keberlanjutan Lingkungan Hidup.

Kunjungi Alamat Baru Kami

HEADLINES

  • Pengadilan Tinggi Nyatakan PT. BMH bersalah dan Di Hukum Ganti Rugi
  • Walhi Deklarasikan Desa Ekologis
  •   PT. Musi Hutan Persada/Marubeni Group Dilaporkan ke Komisi Nasional HAM
  • PT.BMH Penjahat Iklim, KLHK Lakukan Kasasi Segera
  • Di Gusur, 909 orang petani dan keluarganya terpaksa mengungsi di masjid, musholla dan tenda-tenda darurat

Rabu, Oktober 19, 2011

Selamatkan Sungai Musi, Walhi Sumsel Galang Dana Publik

SUNGAI Musi, sebuah sungai yang membelah sebagian besar wilayah Sumatera Selatan, saat ini kondisinya kian memprihatinkan. Jika tidak segera diselamatkan, di masa mendatang kondisi Sungai Musi akan lebih memprihatinkan. Oleh karena itu, Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Sumatera Selatan mengkampanyekan program penggalangan dukungan publik, untuk fokus pada upaya penyelamatan dan pemulihan ekosistem Sungai Musi di daerahnya.

Demikian dikatakan Direktur Eksekutif Walhi Sumsel Anwar Sadat, didampingi Stafnya, Hadi Jatmiko, di Palembang, Sabtu (15/10/2011).

Selain terus menjadi sasaran pembuangan limbah pencemaran, baik oleh kalangan industri maupun aktivitas domestik warga masyarakat.

Menurut Sadat, melalui Divisi Penggalangan Sumberdaya (PSD), forum LSM ini tengah gencar melakukan kampanye publik untuk penyelamatan Sungai Musi itu.

PSD Walhi Sumsel sedang mengkampanyekan program penggalangan dukungan publik, untuk fokus kampanye penyelamatan Sungai Musi dalam bentuk dukungan publik yang diharapkan lebih dititikberatkan pada penggalangan dana, kata dia pula.

"Hasil penggalangan dana itu akan digunakan untuk membantu masyarakat dan melakukan upaya pemulihan lingkungan hidup Sungai Musi," ujar Sadat lagi.

Bantuan dana untuk pemulihan ekosistem dan masyarakat sekitar DAS Sungai Musi itu, dapat disalurkan melalui rekening Walhi Sumsel pada Bank BNI atasnama Walhi Sumsel, dengan nomor rekening 0051455164.

Sebagai informasi, upaya menyelamatkan Sungai Musi sudah dilakukan sejumlah pekerja budaya dan lingkungan sejak delapan tahun terakhir. Misalnya dimulai dari sejumlah gagasan berupa revitalisasi anak Sungai Musi yang mengalir di kota Palembang. Gagasan ini mendapat tanggapan dari pemerintah kota Palembang dengan melakukan penataan sejumlah anak Sungai Musi.

Meskipun begitu, masih banyak persoalan di sekitar Sungai Musi. Hal ini yang kemudian mendorong organisasi pecinta lingkungan hidup dari Universitas Sriwijaya, Wiqwam bekerjasama dengan sebuah harian di Palembang melakukan Jelajah Sungai Musi. Isu soal penyelamatan Sungai Musi kemudian disambut sebuah harian nasional untuk melakukan hal yang nyaris sama dilakukan Wiqwam berupa Ekspedisi Sungai Musi.

Sumber : www.beritamusi.com



Artikel Terkait:

0 komentar: