WALHI adalah forum organisasi Non Pemerintah, Organisasi Masyarakat dan kelompok pecinta Alam terbesar di Indonesia.WALHI bekerja membangun gerakan menuju tranformasi sosial, kedaulatan rakyat dan keberlanjutan Lingkungan Hidup.

Kunjungi Alamat Baru Kami

HEADLINES

  • Pengadilan Tinggi Nyatakan PT. BMH bersalah dan Di Hukum Ganti Rugi
  • Walhi Deklarasikan Desa Ekologis
  •   PT. Musi Hutan Persada/Marubeni Group Dilaporkan ke Komisi Nasional HAM
  • PT.BMH Penjahat Iklim, KLHK Lakukan Kasasi Segera
  • Di Gusur, 909 orang petani dan keluarganya terpaksa mengungsi di masjid, musholla dan tenda-tenda darurat

Sabtu, Oktober 15, 2011

Ekologi Sumsel Dinilai Darurat


PALEMBANG – Serangkaian peringatan hari ulang tahun (HUT) Ke-31 Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Sumatera Selatan (Sumsel) yang dihadiri musisi Melanie Subono kemarin bernuansa dinamis.

Dalam kegiatan diskusi bertema “Ekologi Sumsel Darurat” ini, putri promotor musik Adrie Subono mengajak masyarakat Sumsel memulai perubahan dari diri sendiri.“Kalau setiap orang siap melakukan perubahan yang dimulai dari diri sendiri untuk lebih baik, tentu semuanya akan berjalan baik,” ujarnya di Kantor Walhi Sumsel kemarin.

Melanie merasa bangga sebagai kaum muda dan masyarakat yang bisa mencintai dan peduli lingkungan.“Alangkah baiknya kalau kita cinta lingkungan, dimulai dari bagaimana menjaga lingkungan di sekitar rumah kita sendiri. Bagaimana kita bicara menanam sejuta pohon,kalau di rumah kita saja gersang,”ungkapnya.

Terkait pelaksanaan SEA Games yang bakal diselenggarakan di Kota Palembang, Melanie bangga karena Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah pesta olahraga se-Asia Tenggara tersebut. “Bangga sekali dongdengan Palembang. Karena daerah ini dipercaya menjadi tempat pelaksanaan SEA Games.Berbicara prestasi atlet Indonesia, saya yakin mereka akan memberikan yang terbaik bagi negara ini.

Kalah menang adalah hal biasa, tapi spirit memberikan yang terbaik bagi negara patut kita dukung,” tukasnya. Sementara itu, Direktur Eksekutif Walhi Sumsel Anwar Sadat mengatakan, berbagai kegiatan menyambut HUT Walhi bakal dilaksanakan selama dua pekan ke depan.Termasuk, pameran foto yang akan dilaksanakan di kawasan Kambang Iwak dan diskusi tentang satwa dan lingkungan yang diselenggarakan di Universitas IBA Palembang.
“Kosep yang diinginkan adalah Walhi Goes to Public,bagaimana kampanye lingkungan hidup yang kami lakukan dapat diinternalisasi oleh masyarakat,” tukasnya. Terkait gencarnya proses pembangunan yang dilakukan Pemkot Palembang menjelang SEA Games, menurutnya, pemerintah tidak mengesampingkan kaidah-kaidah lingkungan.“ Yang kita ingin jangan sampai pemerintah sendiri yang menabrak aturan dalam melakukan pembangunan,” kata dia.




Sumber: http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/435727/37/



Artikel Terkait:

0 komentar: