WALHI adalah forum organisasi Non Pemerintah, Organisasi Masyarakat dan kelompok pecinta Alam terbesar di Indonesia.WALHI bekerja membangun gerakan menuju tranformasi sosial, kedaulatan rakyat dan keberlanjutan Lingkungan Hidup.

Kunjungi Alamat Baru Kami

HEADLINES

  • Pengadilan Tinggi Nyatakan PT. BMH bersalah dan Di Hukum Ganti Rugi
  • Walhi Deklarasikan Desa Ekologis
  •   PT. Musi Hutan Persada/Marubeni Group Dilaporkan ke Komisi Nasional HAM
  • PT.BMH Penjahat Iklim, KLHK Lakukan Kasasi Segera
  • Di Gusur, 909 orang petani dan keluarganya terpaksa mengungsi di masjid, musholla dan tenda-tenda darurat

Jumat, September 09, 2011

Walhi Nilai Gubernur Sumsel Gagal Atasi Kebakaran Hutan

Peta Titik Api di Sumsel (8/9) 57 titik,titik panas 222 titik
Palembang - Wahana Lingkungan Hidup Indonesia Sumatera Selatan (Walhi Sumsel) menilai Gubernur Alex Noerdin gagal mengatasi kebakaran hutan. Sementara jarak pandang di Sungai Musi pun tersisa 10 meter pada malam hari.

"Banyaknya titik api di Sumsel menunjukan Pemprov Sumsel dalam hal ini Gubernur Alex Noerdin belumlah layak menerima penghargaan dari Menhut Zulkifli Hasan pada 18 Juli 2011 lalu di Jakarta sebagai Gubernur Peduli Api Terbaik tahun 2010," kata Direktur Walhi Sumsel Anwar Sadat melalui siaran pers, Jumat (9/9/2011).

Walhi Sumsel menjelaskan hasil pantauan Satelit Terra dan Aqua pada 6 September 2011, ada 970 titik api dengan tingkat keyakinan 70-100 persen. Dari jumlah itu ada 170 titik api dengan tingkat kepastian 100 persen. Titik api tersebar di Kabupaten Musi Banyuasin, Ogan Komering Ilir, Muaraenim, Banyuasin, OKU, OKUS, Ogan Ilir, Lahat, OKUT dan Musirawas.

Titik api didominasi lahan gambut yang masuk dalam lahan konsesi perusahaan baik itu Hutan Tanaman Industri dan perkebunan sawit baik yang telah aktif maupun nonaktif.

"Sampai dengan saat ini tidak ada upaya pemerintah Sumsel untuk mencegah dan memulihkan kesehatan masyarakat yang terkena dampak langsung akibat asap sesuai mandat PP No 4/2001, terkhusus untuk
golongan masyarakat yang rentan terserang penyakit misalnya balita, anak- anak, dan perempuan," kata Sadat.

Terhadap fakta tersebut, Walhi Sumsel mendesak pemerintah Sumsel segera menghentikan dan mencabut pemberian izin terhadap perkebunan skala besar, HTI, dan tambang di kawasan hutan dan lahan gambut. Pemprov diminta menanggulangi bencana kebakaran hutan dan lahan melalui pembentukan pos kesehatan bagi masyarakat dan posko-posko di kawasan hutan dan lahan gambut. Pemprov juga diminta menindak pelaku usaha yang di dalam wilayah konsesinya terdapat titik api atau aktifitas pembakaran sesuai aturan yang ada.

Sementara itu, akibat dari kebakaran hutan, jarak pandang di Sungai Musi susut tinggal kisaran 10 meter saat gelap. Para pengguna perahu pun harus ekstra hati-hati.

"Kalau malam dan subuh, saat masuk ke Palembang lampu kapal kami tidak mampu menembus kabut asap di atas Sungai Musi. Jarak pandang berkisar 10 meter," ujar Warsi, pengemudi kapal jukung.

Sebagai daerah perairan, sebagian besar warga di Sumsel sangat mengandalkan angkutan sungai, baik menggunakan perahu jukung, tongkang, maupun speedboat. Daerah tujuan antara lain kawasan perairan
di Banyuasin, Ogan Komering Ilir (OKI), dan Musi Banyuasin. Semua angkutan tersebut, mangkal di sekitar Jembatan Ampera Palembang.

"Mudah-mudahan tahun ini tidak ada kecelakaan di Sungai Musi akibat kabut asap ini," kata Warsi.

(tw/fay)
sumber berita : detik.com



Artikel Terkait:

0 komentar: