WALHI adalah forum organisasi Non Pemerintah, Organisasi Masyarakat dan kelompok pecinta Alam terbesar di Indonesia.WALHI bekerja membangun gerakan menuju tranformasi sosial, kedaulatan rakyat dan keberlanjutan Lingkungan Hidup.

Kunjungi Alamat Baru Kami

HEADLINES

  • Pengadilan Tinggi Nyatakan PT. BMH bersalah dan Di Hukum Ganti Rugi
  • Walhi Deklarasikan Desa Ekologis
  •   PT. Musi Hutan Persada/Marubeni Group Dilaporkan ke Komisi Nasional HAM
  • PT.BMH Penjahat Iklim, KLHK Lakukan Kasasi Segera
  • Di Gusur, 909 orang petani dan keluarganya terpaksa mengungsi di masjid, musholla dan tenda-tenda darurat

Jumat, Juli 27, 2012

Satu anak anak Meninggal 5 Luka di tembak Brimob

Satu Meninggal 5 Luka.
Warga yang tinggal disekitar PTPN VII Unit Usaha Cinta Manis sejauh ini masih mencekam. Sejak  (25/7) sejumlah aparat  nampak berjaga-jaga di beberapa gerbang desa. Tidak hanya itu, aparat kepolisian  melakukan penggeledahan kepada sejumlah warga yang melintas disekitar kawasan Cinta Manis. Dengan pola pengamanan semacam itu, warga kini merasa cemas melakukan aktivitas kesehariannya.


Terlebih, pada hari kamis kemarin (26/7) lebih tepatnya pukul 10.30 wib, sejumlah aparat Brimob bersenjata lengkap, dengan membawa pasukan sebanyak 15 truk melakukan sweeping kerumah-rumah warga Desa Sri Bandung. Setelah itu mereka menanngkap sejumlah warga seperti Kaidil, dan Vino . Ketika orang yang dicari tidak berada ditempat, aparat pun melakukan penangkapan kepada istri target. Kejadian itu dialami oleh Nyonya Mardi. Nyonya Mardi ditangkap karena ketika suaminya yang menjadi target tidak berada dirumah.

Alasan mereka melakukan sweeping, mereka mencari warga yang diduga menjarah pupuk milik PTPN VII. Meski pada malam hari yakni sekitar pukul 00.wib warga dibebaskan karena tidak terbukti melakukan penjarahan pupuk, namun tindakan penggeledahan itu menimbulkan trauma mendalam bagi warga.

Tak sampai disitu, pada hari ini (27/7) aparat kembali melakukan sweeping ke Desa Lubuk Keliat, dan sempat melakukan penangkapan kepada warga, sebelum akhirnya dilepas. Selanjutnya,  Desa Betung  menjadi target sweeping ketika sejumlah warga sedang melakukan shalat Jumat.

Penyelusuran ke kampung-kampung terus berlanjut. Desa Sri Kembang tak luput menjadi sasaran. Desa ini didatangi aparat ketika sejumlah warga sedang melayat orang yang meninggal. Hingga informasi ini diterima pada pukul 14. WIB, jenazah almarhum belum dikebumikan karena keluarga almarhum (anak kandung) belum datang akibat cemas dengan hadirnya sejumlah aparat.


Kemudian sekitar pukul 17 wib, pasukan Brimob menyisir Desa Tanjung Pinang menuju Desa Limbang Jaya. Aparat menembakan senjata, Anak kecil bernama Angga usia 12 tahun yang sedang bermain playstation keluar karena mendengar suara tembakan. Tak lama kemudian Brimob menembak Angga. Anak itu tertembak dikepala dan tergeletak ditanah, ketika seorang warga bernama Saidi mengangkat tubuh Angga dengan maksud memberi pertolongan, Brimob melarang Saidi mengangkat tubuh Angga. “ Letakan ! kalau masih kau angkat nanti kutembak “. Digertak seperti itu, Saidi tetap berdiri tegar dan mengatakan “. Silahkan tembak saya !”.  Mendengar jawaban Saidi, Brimob pun lari. 

Pukul 18 wib, mendapat sms dari salah seorang Petani Limbang Jaya yang sedang mengawal korban kerumah sakit terdekat yakni RS Tanjung Batu.  

Angga (12) dipastikan meninggal di RS Tanjung Batu dengan luka tembak dikepala. Persisnya peluru itu menembus kepala hingga cairan otaknya keluar. Kemudian dikabarkan 4 orang dilarikan ke RS Bayangkhara Palembang diantaranya perempuan bernama Jesica (16), satu orang ibu-ibu bernama Du binti Juni dan dua orang perempuan lain yang belum teridentifikasi. Sedangkan Rusman bin Alimin yang saat itu dalam kondisi kritis, dilarikan ke Palembang namun belum jelas dirawat dirumah sakit mana.
Sejauh ini, korban luka berjumlah 5 orang, 4 perempuan dan satu laki-laki.




Artikel Terkait:

0 komentar: